Keunikan Olahraga Berburu Babi Di Sumatera Barat

Keunikan Olahraga Berburu Babi Di Sumatera Barat
Keunikan Olahraga Berburu Babi Di Sumatera BaratFortunaMedia.com- Kepulauan Nusantara yang sangat kaya dan indah ini,oleh kumpulan band Koes Plus era 70an,dalam sebuah lagunya bertajuk 'Kolam Susu' dalam bait-bait lyriknya mendendangkan tanah pusaka ini sebagai  "tanah kita tanah syurga,tongkat kayu dan batu jadi tanaman,bukan lautan hanya kolam susu"

Ehh,maaf Anda pengunjung dan pembaca setia blog ini,saya bernostalgia sebentar kemasa lalu..;D

Pada thread kali ini saya bukan mau menceritakan kekayaan alam kepulauan Nusantara ini,Tetapi masih berkaitan kekayaan juga,yaitu kekayaan budaya rakyat atau masyarakat setempat di kepulauan mutiara ini. Mari kita berlang-lang buana sebentar ke Sumatera Barat.

Baca juga;Misteri Sosok Orang Bunian Dari Sumatera Barat

Di Sumatera Barat atau juga dipanggil sebagai ranah Minangkabau,ada satu aktiviti olahraga rakyat yang sangat terkenal disana yaitu 'Berburu babi';dalam dialog seharian disebut 'baburu kandiak'.Babi di Minangkabau dipanggil dengan nama 'Kandiak atau Kondiak pada sebagian daerah
Keunikan Olahraga Berburu Babi Di Sumatera Barat ini,dilakukan dihutan-hutan lebat atau di tanah perbukitan berhampiran hutan atau perkebunan getah(karet).Cuma kini sebagian daerah ,ladang karet atau getah sudah banyak diganti dengan ladang kelapa sawit dan ladang koko (cocoa farms) serta kebun pokok cengkeh dan sebagainya.

Perburuan babi ini,Anda jangan salah penafsiran.!babi yang dapat dibunuh dalam perburuan ini bukan untuk dimakan atau dijual.Anda tentu maklum masyarakat Minangkabau ini,adalah masyarakat yang paling taat dan patuh pada hukum-syariat Islam.

Biasanya babi yang dapat dibunuh akan ditinggalkan begitu saja dihutan perburuan.Namun jika kawasan perburuan berdekatan jalan raya,maka mereka akan bagitahu kepada orang non muslim yang mahu mengambil babi tersebut.

Jangan lupa Anda baca thread ini;
Cara Teknik Menggora Di Sumatra Barat

Perlengkapan Berburu babi.
Kelengkapan yang terpenting dalam aktiviti 'berburu babi' hutan ini adalah Anda memerlukan seekor anjing ,kebiasaannya adalah anjing jantan,berusia sekitar enam bulan keatas .Jika dibawah usia 6 bulan,anjing seusia ini masih terlalu manja.Sebab anjing perburuan ini nantinya akan dididik agar menjadi anjing yang garang/galak wataknya.

Sekiranya Anda tak mau susah-susah untuk mengajarnya .Anda boleh membeli seekor anjing yang separuh pandai atau memang yang sudah expert berburu.Yang harganya kini sudah mencecah puluhan juta rupiah nilainya.

Dan type anjing haiwan perburuan inipun bukan sembarangan jenis anjing.Misalnya jenis Herder, Buldog, Golden River, Nero, Root Weeler, Teril, dan ada juga yang terdiri dari anjing kampung biasa,pastinya yang mempunyai tubuh yang  agak sasa dan kuat.

Umumnya peburu di Sumbar(Sumatera Barat) adalah orang-orang yang suka memiliki jenis haiwan peliharaan bagus. Mahalnya nilai peliharaan haiwan ini seakan menjadi kebanggaan tersendiri. Walaupun tidak terang-terangan, tapi ada tersirat 'adu gengsi' (prestige image) dari jenis haiwan peliharaan yang dimiliki.

Dengan maraknya olahraga berburu babi ini.maka bermunculan pula bisnis-bisnis hiliran yang bersangkutan dengan perburuan seperti penjualan anjing-anjing untuk berburu samada yang sudah terlatih atau belum.Dan anjing-anjing ini dibawa dari berbagai daerah di pulau Jawa. Misalnya, Garut, Sumedang, Bandung, Semarang, Jakarta, dan daerah-daerah lainnya di Pulau Jawa.

Dan bisnis lainnya seperti tali atau rantai anjing yang diperbuat dari kulit asli atau bahan kulit leather sintetis.sabun dan shampoo anjing ,obat anti kutu anjing,serta makanan supliment bergizi untuk penjagaan kesehatan anjing.Dan berbagai size dan design pisau,parang,tombak,senapang dan berbagai barangan yang diperlukan untuk berburu babi.

Namun peburu tradisional lebih ramai menggunakan bahan-bahan kesihatan dan makanan anjingnya secara tradisionil pula..maksudnya apa yang dimakan tuan empunya anjing..itu jugalah yang diberikan kepada anjingnya.hehehe..;

Aktiviti berburu babi di Sumatera Barat ini memang sudah terorganisir melalui persatuan-persatuannya yang mengelola jika sesuatu aktiviti 'baburu gadang' (perburuan besar) diadakan.

Dalam event 'baburu gadang' ini biasanya dikutip yuran masuk (joint)Adakalanya kerana akan disediakan hadiah-hadiah besar bagi para pemenang perburuan tersebut.

Sekianlah dahulu pendahuluan atau perkenalan dari saya tentang aktiviti Keunikan Olahraga Berburu
Babi Di Sumatera Barat, semoga bermanfaat dan menghiburkan anda semua.

InsyaAllah di artikel mendatang saya akan coba tulis tentang beberapa peristiwa dan cerita menarik tentang berburu babi ini yang saya alami sendiri atau dari cerita teman-teman seperburuan dahulu.


Admin
Founder https://FortunaNetworks.Com. An Active Blogger Writing Issues Indonesia, Malaysia and The World in General, Journalism, Traveler Author, Blogging Tutorials and Motivational Articles. Can be Addressed on Twitter @helmysyamza

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Advertiser