Misteri Penyebab Lubang Raksasa Siberia Akhirnya Terkuak

Misteri Penyebab Lubang Raksasa Siberia Akhirnya Terkuak
Misteri Penyebab Lubang Raksasa Siberia Akhirnya Terkuak
FortunaMedia.blogspot.com-Lubang besar yang memiliki diameter kurang lebih 80 meter dan tiba-tiba muncul di dekat hutan sekitar 30 kilometer dari Yamal, Siberia. Akibatnya, hal itu menggegerkan banyak pakar kerana tidak ada yang mengetahui apa penyebab tanah di tempat tersebut bisa berlubang sedemikian rupa.

Spekulasi pertama adalah lubang itu disebabkan kerana ada meteorit yang jatuh. Perkiraan kedua adalah lubang tersebut disebabkan gas bumi yang mendorong permukaan dan meledak sehingga membentuk lubang seperti kawah.

Dikutip dari The Siberian Times (15/07/2014), apabila ada pemikiran secara ilmiah, ada pula yang mengatakan bahwa lubang tersebut merupakan tempat landasan UFO.

“Lubang tersebut sangat besar sehingga cukup untuk helikopter Mi-8 untuk terbang ke dalam,” ujar pakar yang meneliti lubang tersebut


Menurut para peneliti, sekitar 10 ribu tahun lalu sebelum menjadi sebuah daratan, daerah di Yamal tersebut dulunya adalah sebuah laut, dan kemudian garam, tanah dan berbagai sendimen menyatu.

Diperkirakan gas bumi yang tersimpan di dalam tanah menyeruak keluar kerana pemanasan global yang akhirnya membentuk lubang besar tersebut.

Baca juga cerita misteri penemuan lubang raksasa pertama sebelum ini disini ;
Misteri-Lubang Raksasa Aneh Muncul di Siberia

Misteri Lubang Raksasa Ini Akhirnya Terkuak
Teka-teki kawah raksasa yang tiba-tiba muncul di kawasan Siberia, Rusia bagian utara, akhirnya terkuak. Setelah melakukan penelitian, para ilmuwan menyimpulkan bahwa kawah misterius yang menganga dengan diameter 100 meter itu bukan disebabkan kerana hentakkan meteorit.

Dikutip dari laman Daily Mail, Sabtu 19 July2014, kawah itu terjadi kerana kelebihan tekanan gas, kerana di daerah tersebut mengalami perubahan suhu.

Peneliti dari Pusat Penelitian Ilmiarh Artik, Andrei Plekhanov, mengatakan daerah di sekitar lubang itu memang kaya akan gas alam.

Kerana suhu di sekitarnya berubah, maka terjadilah tekanan gas di dalam tanah dan menyebabkan letupan. Sebelum membuat kesimpulan ini, Plenkhanov dan peneliti lain telah melakukan observasi ke Semenanjung Yamal  tersebut.

Menurut Plenkhanov, 80 peratus material di sekitar dari lubang itu adalah ais. Sehingga penemuan ini membantah dugaan kemungkinan hentakkan meteorit yang menyebabkan terbentuknya lubang raksasa itu.

Pada 10 ribu tahun silam, daerah ini merupakan lautan. Para ahli lebih berkeyakinan kawah itu terbentuk kerana faktor pemanasan global. Gas di bawah permukaan tanah terlepas, yang kemudian meledak seperti gabus penutup botol
champagne.Sementara aksen gelap di dalam lingkaran lubang itu mengindikasikan kebakaran hebat yang menghanguskan dinding-dinding lubang.

Sementara itu, Anna Kurchatova, ilmuwan dari Pusat Penelitian Sub-Artik, mengatakan material di sekitar kawah itu terbentuk dari campuran antara air, garam, dan gas, yang mencetuskan ledakan di bawah tanah akibat pemanasan global. Gas terakumulasi di dalam ais yang bercampur dengan pasir di bawah permukaan dan kemudian bercampur dengan garam.

Meneropong Lebih Dekat Isi Lubang Misterius
Pada dua musim panas sebelumnya, 2012 dan 2013, memang suhu di Yamal relatif panas. Mungkin ini yang menurut Plekhanov menyebabkan pembentukan lubang tersebut. “Tapi kami harus melakukan tes dan penelitian pertama dan kemudian menyimpulkannya dengan lebih tepat,” ujar dia.

Namun, terori yang paling mungkin untuk menjelaskan terbentuknya lubang itu saat ini adalah adanya energi dari dalam, bukan dari luar. “Untuk sekarang kami dapat mengatakan dengan pasti bahwa di bawah pengaruh proses internal ada injeksi di permafrost atau lapisan ais. Saya ingin menekankan bahwa ini bukanlah ledakan, tapi injeksi, sehingga tidak ada panas yang dilepaskan seperti yang terjadi,” kata Plekhanov.

“Seperti proses yang terjadi sekitar 8.000 tahun lalu. Mungkin ini terulang sekarang. Jika teori ini benar, kita dapat mengatakan bahwa kita telah menyaksikan proses alam yang unik yang membentuk lanskap yang tidak biasa di Semenanjung Yamal,” tambah Plekhanov.

Memang para ilmuan menduga lubang itu terbentuk kerana proses alami.
Sebab, tidak ditemukan dampak antropogenik, atau dampak dari campur tangan manusia, di dekat kawah. Kecuali jejak kereta luncur dan kaki-kaki rusa.

Sehingga Plekhanov mengatakan, “Jika lubang ini hasil bencana buatan manusia dihubungkan dengan pemompaan gas, peristiwa ini mungkin akan terjadi lebih dekat dengan ladang gas.” Namun ini jaraknya sekitar 30 kilometer dari ladang gas alam.

Dia juga menolak teori yang menyebut lubang itu terbentuk kerana UFO masuk ke dalam bumi. “Tidak ada yang misterius terkait lubang itu. Tidak ada yang aneh atau tidak bisa dijelaskan di sana, (nyatanya) kami kembali dengan selamat,” tambah Plekhanov.

Meski demikian, dia mengaku baru kali ini melihat fenomena seperti ini. “Saya tidak pernah melihat apapun seperti ini, meskipun saya telah datang ke Yamal berulang kali.”

(The Siberian Times/IndoCC.id.com)


Misteri Penyebab Lubang Raksasa Siberia Akhirnya Terkuak

Misteri Penyebab Lubang Raksasa Siberia Akhirnya Terkuak
                          Dinding lubang menghitam (Sumber: The Siberian Times)


Silahkan baca juga artikel misteri ini disini:
Kisah Misteri Dibalik Tragedi Galodo Bukit Tui
Admin
Founder https://FortunaNetworks.Com. An Active Blogger Writing Issues Indonesia, Malaysia and The World in General, Journalism, Traveler Author, Blogging Tutorials and Motivational Articles. Can be Addressed on Twitter @helmysyamza

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

4 Comments Add Comment

ternyata cuma fenomena alam biasa doang

Balas

Saphire Dani..benar bro..mula2 gitu heboh..ketahuan rupanya fenomena alam.
Tq..udah mampir diblog ini..
Salam sukses selalu;)

Balas

Bilangnya lubang=tempat setan,apalagi besar=tempat setan kn neraka :v
Mungkin ntu lubang terhubung dg neraka

Balas

yuk.. gabung di u*p*d*a*t*e*b*e*t*t*i*n*g dan menangkan hadiah menariknya

Balas
Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Advertiser