Misteri Si Bigau Gembala Pelindung Babi Hutan

Misteri Si Bigau Gembala Pelindung Babi Hutan
FortunaMedia.com-"Anda seorang yang gemar berburu babi dihutan-hutan? Dan anda belum bisa dikatakan seorang pemburu ulung,jika belum mengenal sosok makhluk aneh yang  dipanggil "Si Bigau".

Paling tidak ceritanya anda dengar dari mulut ke mulut saja.Kalau belum pernah melihat temperamen makhluk yang mengenaskan para pemburu itu".

'Illustrasi Si Bigau'

Kalimat perbualan diatas saya dengar dalam sebuah warung kopi tempat biasanya berkumpul dan minum-minum kumpulan para pemburu hutan belantara,baik pemburu babi hutan,pemburu tupai terbang(Sugar Glider),pemburu rusa dan pemburu burung eksotik dan pengunjung warung kopi lainnya.

Seperti sebuah lagenda misteri penuh mistik dikalangan yang mencintai dunia perburuan.Ceritera tentang "Misteri Si Bigau Gembala Pelindung Babi Hutan" sangat menarik sekali untuk diperbincangkan.Terlebih lagi dizaman  'tempo doeloe' yang nyaris seratus persen mempercayai kejadian-kejadian aneh yang menurut anda saat kini..Ahh,itu tidak rasional,tidak ilmiah.!hehehe;)

Jadi saat perbualan riuhrendah suara para master pemburu,bercerita berbagai topik yang tak jauh dari hal yang berkaitan perburuan seperti perkara nilai pasaran harga anjing yang expert dan tempat kawasan perburuan-'baburu gadang' (berburu besar-besaran)yang akan diadakan tak lama lagi.

Saya tertarik kisah tentang 'Si Bigau' diatas yang diceritakan oleh seorang lelaki tua yang dipanggil 'inyiak'-disamping usianya sudah agak lanjut.Beliau memang terkenal semasa mudanya seorang yang gagah dalam arena perburuan babi hutan dan pernah disondol(diseruduk) babi hutan dibahagian selangkang pahanya yang membuat beliau berehat bertahun lamanya dari gelanggang perburuan kerana kecederaan yang sangat parah dialaminya.



Inyiak bercerita..,


Beliau memulakan ceritanya.."Yang pentingnya dulu semasa inyiak masih kuat zahir-bathin pernah mengalaminya ketika kami berburu kandiak alias babi ditepi hutan karet(getah) beberapa tahun silam.."katanya bersemangat.

"Tahunnya inyiak tidak begitu ingat,Pada masa itu dikampung inyiak bolehlah disebut masa-masa sulit,padi yang ditanam kerap kali hilalang yang tumbuh,kalau tak hama pianggang busuk yang menyerang,sibabi kandiak itulah yang menyerang padi kami sekampung .katanya.

Dan pada suatu kali ketika musim padi semua menguning,kami semua penghuni kampung sama menjerit lantaran pagi harinya kami ketahui semua padi disawah yang sedang menguning telah porak-poranda dan habis-ludes dimakan babi.

Menurut dugaan kami kumpulan rombongan babi itu tidak kurang kalau tidak lebih seratus ekor.Bayangkan sajalah sawah yang begitu luas punah musnah semuanya..dengan raut wajah sedihnya menampakkan beliau serius bercerita"

 Baca juga arikel berkaitan:
Keunikan Olahraga Berburu Babi Di Sumatera Barat


Inyiak berhenti seketika,kerana rokok daun nipah yang terselit dimulutnya sudah lama padam,lalu seorang diantara kami menyalakan api rokoknya...Lalu beliau meneruskan ceritanya.."Akhirnya kata putus rundingan musyawarah selesai, sepakatlah semua penduduk yang lelaki mengadakan baburu gadang di beberapa hutan belantara yang telah ditentukan".
Dan sehari sebelum baburu gadang dilaksanakan,inyiak berdua dengan cucu pergi mencari kayu api ke hutan tidak jauh dari kampung.

"Hampir waktu tengah hari inyiak mengalai-ngalai(berbaring)ditanah beralaskan daun kering sambil melepas lelah.Sedang saat hampir mata melayang terlena ditengahhari itu,tiba-tiba inyiak dikejutkan oleh suara bergemuruh dari sebuah arah kawasan tebing yang tak jauh dari tempat inyiak tidur,lalu inyiak berdiri sambil memegang cucu kuat-kuat yang sudah tampak pucat pasi ketakutan",

Tumbuhan pada semak belukar bersibak,ranting berpatahan suara gemuruh itu semakain dekat kearah kami,beliau yang arif dengan bahaya yang menghadang cucu kutarik ketempat yang lebih aman untuk berlindung,menyuruk disebuah tunggul kayu beringin besar.

Meriding juga bulu-bulu roma betapa kulihat serombongan besar babi-babi berlarian seperti perlombaan babi marathon massal saja,tambahan lagi suara jeritan lengkingannya yang membelah kesunyian hutan rimba,beberapa ekor babi itu telah mempunyai saing yang mencuat keluar menembus kulit dekat muncungnya.

Hups,! Tiba-tiba dadaku berdebar,nafas tertahan dari tempat persembunyian, sangat jelas sekali inyiak lihat diantara gerombolan babi-babi itu ada makhluk yang sangat mirip sekali dengan manusia.Makhluk berwujud manusia itu bertubuh pendek,tingginya lebih kurang setengah meter,rambutnya panjang tapi dengan berkeriting-keriting,bertelanjang bulat dan disekitar senjata kemaluannya ditutupi dengan bulubulu yang tebal,hampir mirip kain wol saja.Ditangannya terpegang sebuah cemeti dari rotan yang sesekali diayunkannya ketubuh babi yang mencoba berbuat nakal dalam perjalanan terhadap babi betina yang berjalan agak lamban.

.."Sibigau kataku tertahan"
.."apa inyiak"
"Sutts.." aku menggamit lengan cucuku yang berbisik".
Sementara itu gerombolan babibabi belum juga habisnya bermunculan dari atas tebing.Sekali lagi pemandangan yang menarik inyiak lihat,seekor babi yg cukup besar lari menyimpang menjauh dari rombongan,dengan tangkas makhluk aneh itu bertepuk tangan dan menengking kearah lari babi gembalaannya yang menyimpang tadi,tak beberapa saat saja babi yang lari kearah lain tadi kembali lagi,muncungnya mengendus-endus Si Bigau.

Kelihatan Si Bigau begitu marah,dicambuknya babi piaraannya itu berkali-kali,babi itu menjerit-jerit lantas menerjang-nerjang masuk ke kumpulan gerombolan lagi.

Dari atas tunggul inyiak lihat rombongan binatang itu menuju kesebuah sungai arah keselatan sedikit agak jauh dari tempat kami bersembunyi.

Setelah merasa aman kuajak cucu turun dari persembunyian,


"Betul Si Bigau..kataku pada diriku sendiri.Cucuku yang baru berusia sebelas tahun itu banyak ketakutan saja dari tadi..

"..Lihat jejaknya itu terbalik,bekas jejaknya ditanah seperti orang yang pergi mendaki ketebing,padahal makhluk penggembala babi itu berjalan arah kesungai dibawah bukit rimba,tempat kami mencari kayu api.."
Cucuku tak menjawab apa-apa, ia ikut meneliti jejak yang aneh itu,setengah jam kemudian kamipun pulang.

Sejak hari kemaren aku sudah yakin tak seekorpun babi yang akan ditemui.Kerana Si Bigau penggembalanya sudah mengetahui rencana kami untuk berburu dan mengepung rimba kawasan strategik bagi babibabi itu.

Ternyata benar dugaan saya,sudah pula menjelang kokok ayam disenja hari, nun dikampung sana belum juga seekorpun babi ditemui. Para pemburu semua pada rasa kesal bukan main.."babibabi sialan",gerutu para para pemburu penuh geram.

Suasana petang semakin menampakkan dirinya.Pemburu-pemburu turun mengambil jalan pintas arah utara.Dan semua mata pada terbelalak seketika melihat ada jejak manusia aneh ditanah bercampur dengan jejak-jejak babi menuju bukit ke hutan rimba lepas."Owhh..sibigau! ucap pemburu serentak."



 Untuk pelengkap cerita Misteri Si Bigau Pengembala Pelindung Babi Hutan Silahkan baca juga :
Petua Dan Pantang Larang Ketika Berburu Babi Hutan
Admin
Founder https://FortunaNetworks.Com. An Active Blogger Writing Issues Indonesia, Malaysia and The World in General, Journalism, Traveler Author, Blogging Tutorials and Motivational Articles. Can be Addressed on Twitter @helmysyamza

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

8 Comments Add Comment

infonya bagus,,
dan sangat menarik..

Balas

awdawd>Tq sudah singgah baca.
Salam sukses selalu;)

Balas


Why these animals suspected human incarnation? According to some residents, the village once someone suspected of practicing pesugihan Babi Ngepet very disturbing residents
suksestoto

Balas

Kalau ada photo sibigau lebih mantap lagi

Balas

SanaDomino Menyediakan 7 permainan Dalam 1 Website :
~ Bandar Poker
~ BandarQ
~ Poker
~ Domino
~ Capsa Online
~ AduQ
~Sakong
Minimal deposit hanya Rp 20.000
Bonus-Bonus Menarik Yang DI Berikan SanaDomino :
* Bonus Refferal 20% Seumur Hidup
*Bonus Casback 0,3/0,5%
Ayo buruan daftar kan diri anda sekarang juga
Silahkan Klik link di Bawah Untuk Mendaftar :
http://www.sanadomino.com/Register.aspx?ref=lisalu88
Untuk Info Keterangan Lebih Lanjut Silakan Hub :
Cs sanadomino
BBM : D86E8C7A 24 Jam Online
Layanan Tercepat, Proses Deposit & Withdraw Tercepat !!!
Kami Memprioritaskan Kenyamanan Member.
poker online

Balas

SanaDomino Menyediakan 7 permainan Dalam 1 Website :
~ Bandar Poker
~ BandarQ
~ Poker
~ Domino
~ Capsa Online
~ AduQ
~Sakong
Minimal deposit hanya Rp 20.000
Bonus-Bonus Menarik Yang DI Berikan SanaDomino :
* Bonus Refferal 20% Seumur Hidup
*Bonus Casback 0,3/0,5%
Ayo buruan daftar kan diri anda sekarang juga
Silahkan Klik link di Bawah Untuk Mendaftar :
http://www.sanadomino.com/Register.aspx?ref=lisalu88
Untuk Info Keterangan Lebih Lanjut Silakan Hub :
Cs sanadomino
BBM : D86E8C7A 24 Jam Online
Layanan Tercepat, Proses Deposit & Withdraw Tercepat !!!
Kami Memprioritaskan Kenyamanan Member.
poker online

Balas

yuk.. gabung di u*p*d*a*t*e*b*e*t*t*i*n*g dan menangkan hadiah menariknya

Balas
Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Advertiser