Mitos Kerbau Bule Haiwan Keramat Koleksi Kraton Surakarta Hadiningrat

Mitos Kerbau Bule Haiwan Keramat Koleksi Kraton Surakarta Hadiningrat
Mitos Kerbau Bule  Haiwan Keramat Koleksi Kraton Surakarta Hadiningrat
FortunaMedia.blogspot.com-Pernahkah Anda melihat Kirab Mubeng Beteng ? Yaitu satu acara  ceremonial penuh kemeriahan dalam memperingati malam satu Suro (bulan Muharram) Keraton Kasunanan Surakarta.!

 Jika Anda menyaksikan tradisi tersebut, akan melihat sekumpulan kerbau atau kebo dalam bahasa Jawa yang memiliki warna kulit albino berada di barisan depan Kirab (Carnival) tersebut sebagai cucuk lampah (pengawal) dari sebuah pusaka keraton.

Di luar latar belakang penamaannya, orang-orang saling berebut dan berusaha menyentuh tubuh kebo bule ini saat Kirab berlangsung. Tak cukup dengan menyentuh, mereka terus berjalan di belakang kerbau untuk menunggu sekawanan kerbau tersebut buang kotoran (tinja-taik). Bila kotoran jatuh, mereka saling berebut mendapatkannya. Konon, kotoran tersebut dianggap sebagai tradisi ngalap berkah atau mencari berkah Kyai Slamet.

Kerajaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat adalah sebuah kerajaan di Jawa Tengah.Indonesia yang berdiri tahun 1755 sebagai hasil dari perjanjian Giyanti 13 Februari 1755. Perjanjian antara VOC-Belanda dengan pihak-pihak yang bersengketa di Kesultanan Mataram, yaitu antara Sunan Pakubuwana III dan Pangeran Mangkubumi, menyepakati bahwa Kesultanan Mataram dibagi dalam dua wilayah kekuasaan yaitu Surakarta dan Yogyakarta.
Kasunanan Surakarta umumnya tidak dianggap sebagai pengganti Kesultanan Mataram, melainkan sebuah kerajaan tersendiri, walaupun rajanya masih keturunan raja Mataram. Setiap raja Kasunanan Surakarta yang bergelar Sunan (demikian pula raja Kasultanan Yogyakarta yang bergelar Sultan) selalu menanda-tangani kontrak politik dengan VOC atau Pemerintah Hindia Belanda.
Mitos Kerbau Bule Haiwan Keramat Koleksi Kraton Surakarta Hadiningrat
                                          (Kerbau Bule-Albino dalam perarakan Kirab Mubeng Beteng)

Dipercayai turun menurun dalam masyarakat Jawa dipersekitaran Keraton Kasunanan Surakarta,bahwa kotoran najis Kerbau Albino itu, bisa dijadikan obat bagi penderita sakit, bahkan dianggap bisa mendatangkan berkah penglarisan bagi para pedagang tradisional. Kerana dikeramatkan pula, kerajaan mengangkat Abdi Dalem(pekerja istana khusus) yang khusus menjaga sang kerbau. Tentu, menjadi pawang kerbau keramat juga menimbulkan kebanggan tersendiri bagi Abdi Dalem. Tak aneh, seorang Abdi Dalem rela menciumi sang kerbau.

 Kerbau bule yang digelari Kyai Slamet di Solo, setiap malam satu Suro (Muharram) ribuan orang datang untuk menyaksikan kirab sakral sang ‘kyai’ yang mengitari kawasan alun-alun keraton. Ada lagi haiwan bulus (kura-kura) di Klaten,Jawa Tengah yang dikeramatkan dan dipercaya bisa mendatangkan kekayaan.
Mitos haiwan keramat ini dikembangkan dengan mengisahkan kejadian-kejadian yang dikaitkan dengan perlakuan terhadap haiwan tersebut.

Kerbau Albino bukan Kerbau Biasa
Sepintas, kerbau ini hanya terlihat berbeda dari warna kulitnya. Akan tetapi, ini bukan kerbau biasa, sekawanan kerbau ini dipercayai keramat sebagai Kebo Bule Kyai Slamet. Merujuk kepada buku Babad Solo karya Raden Mas Said, leluhur- kebo bule ini adalah haiwan klangenan atau kesayangan Sunan Paku Buwono II yang merupakan hadiah dari Bupati Ponorogo. Oleh kerana bertugas menjaga dan mengawal pusaka Kyai Slamet, masyarakat menjadi salah kaprah menyebutnya sebagai Kebo Kyai Slamet.

Dikisahkan Kyai Slamet adalah seorang pekathik (tukang mencari rumput) bagi kerbau bule yang awalnya bernama Kebo Danu, milik Sunan Paku Buwono I (1704-1719) yang bertahta di Kartasura. Kyai Slamet dan istri selaku pekathik ini dikenal menyayangi binatang ternak yang menjadi tanggung jawabnya.

Kedekatan Kyai Slamet dengan kebo bule menyebabkan penyebutan nama kerbau tersebut sering dipersamakan dengan nama Kyai Slamet itu sendiri.

Begitu terlalu  dikeramatkan, ketika ada salah satu kerbau yang meninggal, Abdi Dalem Keraton langsung menggelar ritual pemakamannya. Prosesnya dipimpin salah satu abdi dalem yang duduk dekat kerbau sambil mendoakan jasadnya, layaknya pemakaman manusia. Akan tetapi, sebelumya abdi dalem telah menyiapkan sesaji berupa tiga baldi air kembang(bunga) dan kain kapan putih untuk memandikan kebo bule yang meninggal. Tak tertinggal juga, dupa dibakar untuk menambah keheningan selama proses pemakaman.

Layaknya penguburan jenazah manusia, satu per satu abdi dalem memandikan kebo bule secara bergantian. Suasana khidmat pun mengiringi pemakamannya di liang lahad sedalam 1x1,75 meter di kawasan Alun-alun Selatan, tak jauh dari kandang kerbau. Masyarakat yang mendengar berita kematian kebo bule juga bergegas untuk melihat proses penguburannya. Bahkan, ada pula yang sampai berduka. Terkadang memang tidak masuk akal, seekor haiwan begitu dikeramatkan layaknya manusia, tetapi inilah tradisi yang masih dipegang oleh Keraton Kasunanan Surakarta.
Admin
Founder https://FortunaNetworks.Com. An Active Blogger Writing Issues Indonesia, Malaysia and The World in General, Journalism, Traveler Author, Blogging Tutorials and Motivational Articles. Can be Addressed on Twitter @helmysyamza

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

2 Comments Add Comment

Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

Balas

Kesana Kesini Bigung Cari Bandar Terpercaya Dan Aman.Ayok Daftar Kan Diri Anda.Menang kan Ratusan Juta Hanya Di Sanadomino
~ Bandar Poker
~ BandarQ
~ Poker
~ Domino
~ Capsa Online
~ AduQ
~Sakong
Minimal deposit hanya Rp 20.000
Bonus-Bonus Menarik Yang DI Berikan SanaDomino :
* Bonus Refferal 20% Seumur Hidup
*Bonus Casback 0,3/0,5%
Ayo buruan daftar kan diri anda sekarang juga
Silahkan Klik link di Bawah Untuk Mendaftar :
http://www.sanadomino.com/Register.aspx?ref=lisalu88
Untuk Info Keterangan Lebih Lanjut Silakan Hub :
Cs sanadomino
BBM : D86E8C7A 24 Jam Online
Layanan Tercepat, Proses Deposit & Withdraw Tercepat !!!
Kami Memprioritaskan Kenyamanan Member.
dewa poker

Balas
Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Advertiser