Top 10 Superfoods; Pisang Manfaat dan Khasiatnya[1]

Top 10 Superfoods; Pisang Manfaat dan Khasiatnya[1]

Top 10 Superfoods; Pisang Manfaat dan Khasiatnya[1]


Hey Dude,Tahukan Anda,Ternyata buah Pisang ditemukan oleh manusia sekitar tahun 5000,SM(sebelum tahun masehi) Manusia pada zaman itu sangat picky dalam memilih makanan dan mereka tidak menyukai biji-bijian. Jadi, mereka membuat tumbuhan hibrid (hybrid plants) dan pada akhirnya mereka berhasil menemukan tumbuhan buah tanpa biji. Walaupun masih terdapat biji-biji kecil di dalam buah pisang, namun mereka tidak peduli dan mereka sangat menyukai buah tersebut.


Manusia telah mengambil pisang untuk makanan sejak zaman dahulu kala. Kalimat pisang itu sendiri berasal dari bahasa Arab, yaitu 'Maus' yang oleh Linneus dimasukkan ke dalam keluarga Musaceae, untuk memberikan penghargaan kepada Antonius Musa, yaitu seorang doktor pribadi Kaisar Romawi (Octaviani Agustinus) yang menganjurkan untuk memakan buah pisang. Itulah sebabnya dalam bahasa Latin, pisang disebut sebagai Musa Paradisiaca.

Menurut sejarah,Tumbuhan pisang berasal dari Asia Tenggara yang oleh para penyebar/pendakwah agama Islam disebarkan ke Afrika Barat, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Selanjutnya pisang menyebar ke seluruh dunia, meliputi daerah tropis dan subtropis. Negara-negara penghasil pisang yang terkenal di antaranya adalah: Brazil, Filipina, Panama, Honduras, India, Equador, Thailand, Caribian(Caribbean Island), Columbia, Mexico, Venezuela, dan Hawai.
Dan Indonesia merupakan negara penghasil pisang nomor empat di dunia.Wow!(indahwatisetiakawan.wordpress.com


Baca juga;

Tips Cuci Ginjal Murah dan Mudah Secara Alamiah.

13 Manfaat dan Khasiat Daun Pepaya Untuk Kesihatan

Sebagai buah-buahan kuning yang diketahui mempunyai tahap yang tinggi kalium (levels of potassium) dibanding lobak merah(carrots/wartel), kentang, dan susu mempunyai lebih tinggi kalium.Pisang benar-benar kaya dengan vitamin B6. Setiap 100g pisang memenuhi 31% daripada keperluan harian Anda, membantu metabolisme Anda.

Pisang memberikan energi dengan rasa gula seperti glukosa. Dan memberikan rangsangan cepat sementara fruktosa yang ada pada pisang memberikan bahan bakar slow release. Memakan pisang sebelum memulai latihan Anda dengan ditambah sesendok selai kacang untuk penambah rasa enak dan energi.
Jika tidak,buatlah adunan goreng pisang anda sendiri (pisang goreng) sebagai alternatif yang lebih sihat untuk makanan ringan sekeluarga Anda di pagi dan petang harinya.

So, bagi Anda yang sudah biasa dan gemar memakan pisang teruskan rutin diet Anda tersebut.Cuma sekarang di Semenanjung Malaysia khususnya di Selangor dan Kuala Lumpur harga pisang sudah begitu mahal harganya.
Malah sudah seperti harga buah-buahan import saja harganya.Namun begitu, harganya masih terjangkau daya beli masyarakat hari ini.

Dan harga pisang yang dijual di kedai-kedai kecil dan peniaga pasar pagi dan pasar malam di Malaysia masih bisa menjual harga yang agak sederhana murah.Namun begitu menurut para peniaga pisang di Pasar Borong Selayang Selangor,mereka sentiasa kekurangan stock pisang Dan sekarang pisang-pisang yang dijualnya terpaksa dibawa masuk dari Sabah dan Riau,Sumatera Indonesia,kerana begitu tinggi permintaan stock dan daya beli masyarakat terhadap pisang.

Sedikit Info Tentang Pisang Ambon.

Dan yang menariknya di negara Belanda,negara yang pernah menjajah kepulauan Nusantara.Mereka bukan saja menjajah mengaut khazanah hasil bumi Nusantara,tetapi mereka juga membawa ke negara mereka beberapa bibit-bibit tumbuhan seperti pisang misalnya.Dan sejenis bibit pisang yang mereka bawa ke negaranya adalah yang dikenal dengan nama "Pisang Ambon" yang terkenal
keunggulannya pada rasa buah yang manis dan beraroma harum dan mempunyai nutrisi yang tinggi yang sangat diperlukan untuk kesihatan tubuh.

Pisang Ambon, yaitu pisang yang kita kenal dengan Pisang Cavendis. Kulitnya hijau, rasa buahnya manis. Disamping yang berkulit hijau, ada juga yang berkulit kuning.

Di Pulau Ambon, pisang Ambon dikenal dengan nama "PISANG MEJA". Pisang yang sering diletakkan di meja makan, sebagai pencuci mulut setelah kita makan.

Mungkin pisang Ambon di daerah lain asalnya dari Pulau Ambon, atau dikembangkan oleh orang-orang dari kepulauan Ambon? Hingga di Belanda namanya juga disebut sebagai Pisang Ambon atau
"Ambon Banana"



Manfaat dan Khasiat Pisang [1]

1.Melancarkan Peredaran Darah.

Pisang jenis apapun baik Pisang Ambon,Pisang Emas,Pisang Tanduk dan sebagainya adalah mengandungi vitamin C,kalium/potasium untuk membantu sirkulasi dan metabolisme tubuh manusia,hingga membantu peredaran darah ke otak menjadi lancar.Zat Kalium pada pisang dapat membantu lancarnya denyut nadi jantung,mengatur perjalanan darah jadi normal,hingga bisa membantu mencegah terjadinya stroke.

2.Mengatasi Hipertensi

Zat kalium yang ada dalam buah pisang dapat membantu keseimbangan cairan dan elektrolit hingga dapat mengatur tekanan darah menjadi stabil.Dan kandungan serat yang ada pada pisang juga mampu mengikat lemak untuk mencegah terbentuknya plak yang biasanya akan menjadikan tekanan darah Anda jadi naik.

3. Mencegah Penyakit dan Serangan Jantung.

 
Pisang sangat berpotensi untuk mencegah penyakit dan serangan jantung bagi yang rutin memakannya.Kandungan Vitamin C dan Flavonoid pada buah pisang bersifat 'antioksidan' untuk mencegah bertumpuknya lemak pada tubuh yang berakibat fatal seperti serangan jantung dan sebagainya.

Dan zat Kalium pada buah pisang bisa sebagai obat tonik untuk kesihatan jantung Anda.Dan
fiber pectin yang juga ada pada buah pisang dapat membantu turunnya kolestrol dalam tubuh anda InsyaAllah.

4. Mengurangi Rasa Nyeri Saat Haid.
Pisang yang juga mengandungi Vitamin B6,seperti Pisang Ambon-yang dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah yang biasanya sangat menganggu mood dan menyebabkan rasa nyeri saat haid datang bagi wanita.

Dan banyak lagi khasiat dan manfaatnya buah-buahan pisang ini seperti "Mencegah Anemia" bagi para pengidap animea rutinkan sehari dengan memakan dua biji buah pisang secara teratur.

Baca; 11 Khasiat Garam Dan Tips Perubatan Islam & Alternatif.

Manfaat Bagian-bagian Vegetatif/Nabati Selain Buah Pisang [2]

Selain buah pisang untuk dimakan mentah begitu saja
atau diolah menurut cara-cara tertentu. Pisang dapat diproses menjadi tepung, krepek pisang, 'puree', bi* (Afrika), cuka, atau didehidrasi.

Dan bagian-bagian vegetatif beserta buah-buah yang tidak termanfaatkan digunakan sebagai pakan ternak; bagian-bagian vegetatif itu khusus dimanfaatkan jika pakan ternak dan air sulit diperoleh (batang semu itu banyak mengandung air).

Dalam pengobatan, selain buah pisang,daun pisang boleh digunakan sebagai obat sakit dada dan sebagai tapal dingin untuk kulit yang bengkak atau lecet.

Air yang keluar dari pangkal batang pisang yang ditusuk digunakan untuk disuntikkan ke dalam saluran kencing untuk mengobati penyakit raja singa, disentri, dan diare; air ini juga dapat digunakan untuk mencegah rontoknya rambut dan merangsang pertumbuhan rambut.

Cairan yang keluar dari akar pohon pisang bersifat anti-demam dan memiliki daya pemulihan kembali. Dalam bentuk tepung, pisang boleh digunakan untuk pemulihan penyakit anemia dan untuk mengurangkan rasa letih, serta tambahan protien untuk yang kekurangan gizi.

Buah Pisang yang belum matang/masak merupakan sebagian dari diet bagi orang yang menderita penyakit batuk darah (haemoptysis) dan kencing manis.


Dalam keadaan kering, pisang bersifat antisariawan usus. Buah yang matang sempurna merupakan makanan yang berkhasiat jika dimakan pada awal pagi hari saat bersarapan. Tepung yang dibuat dari pisang digunakan untuk gangguan pencernaan yang disertai perut kembung dan kelebihan asam.
Sekian Semoga bermanfaat hendaknya.!
================
Referensi;
[1] www.sitkes.com/khasiat-pisang-ambon.

[2]  id.answers.yahoo.com/question
Admin
Founder https://FortunaNetworks.Com. An Active Blogger Writing Issues Indonesia, Malaysia and The World in General, Journalism, Traveler Author, Blogging Tutorials and Motivational Articles. Can be Addressed on Twitter @helmysyamza

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

1 Comment

F4ns Bett1ng
B0l4, C4sin0, T4ngka$, s4bun9 4yam dll.. dp50 wd50

Balas
Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Advertiser