THE GREAT OF NATION

THE GREAT OF NATION
THE GREAT OF NATION - The Sinking of U-166 - 
By Fortuna Networks.Com
Menurut peneliti katanya, business owner yang terampil mengapresiasi teamnya, akan lebih mudah meningkatkan kinerja (the performance).

Coba simak kisah berikut ini...
.
Beberapa hari terakhir ini, Saya sedang tertarik mendalami sebuah topik tertentu : Perang Dunia [1 & 2]. Sebuah sejarah perang dimana poros AXIS yang diprakarsai oleh Jerman, Italy dan Japan kemudian berhadapan dengan pasukan Sekutu : British, Perancis, Amerika dan beberapa negara lainnya.
.
Kisah perang ini bahkan membumbui-season film Marvel, dimana hydra berhadapan dengan avengers. He he he...



Pada tahun 1941 - 1942, Inggris (selanjutnya dibaca sebagai;British) berada dalam tekanan yang luar biasa. Nazi Jerman telah menguasai hampir seluruh Eropah, Negara terakhir yang belum takluk adalah Britain. Hal ini disebabkan kerana batas perairan yang memisahkan Britain dengan daratan Eropah.
.
Kondisi British yang tetap bertahan ini, membuat British membangun jalur logistiknya dari Amerika melalui jalur Samudera Atlantik (Atlantic Ocean). Berjuta juta ton logistik menghidupi rakyat Britain yang bertahan atas serangan udara Jerman. Jangan harap dapat logistik dari Eropah, Eropah sudah jatuh di tangan Nazi.
.
Jerman tidak diam, ambisi Hitler menaklukkan British membuat para Jenderal lapangan Hitler terinspirasi untuk memutus jalur logistik British. Dibuatlah Unterseeboat, atau yang biasa disebut dengan U-Boat. Kapal selam buatan Jerman ini adalah alat pembunuh paling sadis di zamannya.
.
Hampir 700 kapal kargo dihajar habis oleh U-Boat Jerman di sepanjang Samudera Atlantik. Lebih dari 5000 nyawa melayang. Suplay logistik British dari Amerika terputus. Bahkan Winston Churcil sang Perdana Menteri mengatakan, bahwa dirinya lebih takut akan U-Boat berbanding Hitler.
.
Kesuksesan U-Boat ini diperparah dengan serangan Japan atas Pearl Harbour. Nazi langsung mengadakan "Operation Drumbeat", dimana Nazi memutuskan menyerang sisi timur pantai Amerika. Teluk Meksiko dipilih sebagai sasaran empuk.
.
Pada 30 July 1942, kapal penumpang Robert E. Lee di torpedo oleh Kapal U Boat Jerman, U-166. Sadis memang ya... salah apaaaa.?. ini kapal penumpang.
.
Yang jadi perhatian penting, Kapal penumpang ini padahal sudah di "escort" oleh kapal perang PC-566 Amerika. Yang dipimpin oleh Claudius, sang Kapten Kapal.
.
Claudius memutuskan mengejar U-Boat 166, dia menjatuhkan bom bawah laut untuk menghajar U-166, tapi tidak ada bukti bahwa U-boat karam. Claudius pun diberhentikan dari Armada Angkatan Laut Amerika dengan vonis kesalahan dalam bertugas.
.
Jelang 72 tahun dari kejadian tersebut, tepatnya tahun 2014, team eksplorasi laut yang dipimpin oleh Mr Ballard berhasil membuktikan prestasi Claudius. Kapal selam U-Boat yang karam ditemukan oleh team eksplorasi ini.

Hasil temuan mereka menunjukkan titik karam U-Boat yang berkesesuaian/bertepatan dengan laporan Claudius.

.
Sebuah simpulan teknikal terbentuk, Claudius dinilai berhasil menyerang U Boat 166 dengan baik. Claudius punya seribu alasan untuk menghindari U-166. Namun sang kapten memilih untuk terus mengejar ujung periscope dan meletakkan 5 bom anti kapal selam secara tepat.
.
Yang menarik, sebenarnya U-166 hancur bukan kerana bom bawah laut sang Claudius, tetapi guncangan bom bawah laut sang Kapten Claudius telah mengguncang ruang torpedo dan mengakibatkan meledaknya semua torpedo didalam ruangan tersebut.
.
16 Desember 2014, US Navy, Angkatan Laut Amerika Syarikat "mengoreksi" keputusannya. Herbert Gordon Claudius Junior[JR], satu-satunya Putra Kapten Claudius yang masih hidup mendapatkan penghargaan atas perjuangan berani Ayahnya .
.
Pelajaran yang boleh kita ambil adalah, bagaimana Bangsa Amerika menghargai perjuangan para pahlawannya. Jika kita berfikir memakai fikiran awam, untuk apa merevisi kejadian yang telah berlalu 72 tahun yang lalu. Kapten Claudius hanyalah kapten biasa, bukan jenderal besar. Namun Amerika memutuskan untuk memeriksa kembali, kemudian menganulir-menyimak kembali keputusannya, bahkan memberi penghargaan tertinggi kepada keluarganya yang diwakili oleh putranya.
.
Titik-titik pangkalan militer AS hampir mengontrol seluruh titik di seluruh dunia. Ratusan ribu anak-muda AS melangkah tegak dalam penugasan militer, walau korban militer terus menerus berjatuhan di tubuh militer AS, hal ini tidak menyurutkan langkah anak-muda AS untuk mendaftar dalam penugasan.
.
Mengapa begitu besar Nasionalismenya?
.
Mengapa begitu besar energi mereka untuk membela Negerinya?
.
Mungkin... mungkin lho ya...
Kerana Amerika menerapkan tingkat apresiasi yang tinggi kepada anak-bangsanya. Kapten Claudius, 72 tahun berbuat untuk Negerinya, Dan saat ini... koreksi atas penghukuman kepadanya dikoreksi.
.
Bagaimana dengan Negeri Kita?
.
Silahkan forward tulisan ini ke linimasa/timeline Anda, atau Sahabat terkasih Anda. Terima Kasih.
Admin
Founder https://FortunaNetworks.Com. An Active Blogger Writing Issues Indonesia, Malaysia and The World in General, Journalism, Traveler Author, Blogging Tutorials and Motivational Articles. Can be Addressed on Twitter @helmysyamza

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Advertiser